Penampungan Limbah Triplek Habis Dilalap si Jago Merah

Spread the love

Lumajang, Medkom -Tim Damkar Satpol PP Kabupaten Lumajang selama 8 jam lebih berusaha memadamkan kebakaran limbah triplek di tempat penampungan milik Iwan.

Limbah triplek yang dibeli Iwan dari Pabrik SMK di Dusun Krajan, Desa Grobogan Kecamatan Kedungjajang, ludes terbakar pada hari Selasa sore (26/11/2019).

Pihak Damkar Satpol PP menurunkan 10 personel dilengkapi 2 unit mobil Pemadam Kebakaran.

Kebakaran itu berlangsung mulai pukul 12.00 Wib sampai dengan pukul 22.00 Wib. Kendati begitu, api belum sepenuhnya mampu dipadamkan, karena tumpukan limbah triplek relatif banyak.

Tim Damkar Satpol PP hanya sebatas melakukan tindakan pencegahan, agar api tidak menjalar ke pemukiman penduduk yang berjarak sekitar 50 meter.

Para petugas Damkar tetap bersiaga di lokasi kejadian sampai malam guna mencegah sisa-sisa bahan yang terbakar tersebut tidak sampai menjalar ke rumah warga di sekitar lokasi.

Kepala Bidang (Kabid) Perlindungan Masyarakat (Linmas) pada Satpol PP Kab. Lumajang, Nanang Bashori, S.AP., menjelaskan, ia meluncur ke TKP memberi semangat personil yang bertugas.

Ia menambahkan, sebenarnya Damkar Satpol PP secara rutin telah melakukan sosialisasi, monitoring dan evaluasi ke sejumlah perusahaan, instansi pemerintah, lembaga sekolah dan sebagainya. Hal itu, dilakukan umtuk meminimalisasi timbulnya kebakaran.

Komandan Regu Damkar yang bertugas di lapangan, Puryadi mengatakan, kebakaran Kawasan Limbah Pabrik Triplek di Desa Grobogan Kecamatan Kedungjajang itu, akibat puntung rokok yang dibuang. Api dengan cepat menjalar ke tempat lain karena banyak tumpukan Triplek.

Api juga menjalar ke sebagian tanaman sengon milik warga, tetapi tidak menimbulkan kerusakan yang begitu besar.

Lesmana, saksi mata yang mengetahui kejadian tersebut, menerangkan ketika ia melihat ada kepulan api disertai asap membumbung ke langit, dirinya segera menghubungi warga masyarakat yang berada di sekitar. Kemudian mereka gotong royong memadamkan api dengan peralatan seadanya. Ia juga menghubungi petugas Pemadam Kebakaran di Mako Damkar Sarpol PP Kabupaten Lumajang.

Menurut keterangan petugas di lapangan, diketahui tidak ada korban jiwa maupun yang luka. Sedangkan kerugian materi milik Iwan tersebut, diperkirakan mencapai puluhan juta rupiah, karena yang terbakar berupa limbah triplek saja.

Camat Kedungjajang, Dra. Hertutik beserta anggota Muspika Kedungjajang, dan sejumlah aparat Desa Grobogan pun terlihat datang untuk memantau di TKP. (Sahrul U)

About Suara konsumen id

View all posts by Suara konsumen id →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *